SILABUS SMA/MA
Mata Pelajaran : Matematika Peminatan
MIPA
Kelas : X
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
2.1 Menunjukkan
sikap senang, percaya diri, motivasi internal, sikap kritis, bekerjasama, jujur dan
percaya diri serta responsif dalam menyelesaikan berbagai
permasalahan nyata.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu yang terbentuk dari
pengalaman belajar dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan
alam.
2.3 Berperilaku peduli, bersikap terbuka dan
toleransi terhadap berbagai
perbedaan di dalam masyarakat .
|
Fungsi Eksponensial dan Logaritma
|
Mengamati
Membaca mengenai
pengertian fungsi, mengamati grafik fungsi,
sifat-sifat grafik fungsi eksponensial dan fungsi logaritma, dan penerapannya
pada masalah nyata
dari
berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai pengertian fungsi,
grafik fungsi eksponen dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian fungsi, grafik fungsi eksponen dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengasosiasikan
· Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian fungsi,
grafik fungsi eksponen dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata.
· Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian fungsi,
grafik fungsi eksponen dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian fungsi,
grafik fungsi eksponen dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata dengan lisan, tulisan, dan
grafik/diagram.
|
Tugas
· Membaca dan mencermati mengenai pengertian fungsi, grafik fungsi,
sifat-sifat grafik fungsi eksponensial
dan fungsi logaritma, dan penerapannya
pada masalah nyata minimal dari 3 sumber
belajar (buku atau artikel cetak atau elektronik).
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai pengertian fungsi,
grafik fungsi eksponen dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian fungsi,
grafik fungsi eksponen dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata.
|
9x3 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
||
3.1. Mendeskripsikan dan
menganalisis berbagai konsep dan prinsip fungsi
eksponensial dan logaritma serta menggunakannya dalam
menyelesaikan
masalah
3.2. Menganalisis data sifat-
sifat grafik fungsi
eksponensial dan logaritma
dari suatu permasalahan dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
|||||||
4.1. Menyajikan grafik fungsi eksponensial dan logaritma
dalam memecahkan
masalah nyata terkait pertumbuhan
dan peluruhan.
4.2. Mengolah
data dan menganalisis menggunakan variabel dan menemukan relasi
berupa fungsi
eksponensial dan logaritma dari
situasi masalah nyata
serta
menyelesaikannya.
|
|||||||
2.1 Menunjukkan sikap senang, percaya diri,
motivasi internal,
sikap kritis, bekerjasama,
jujur dan percaya diri
serta responsif dalam
menyelesaikan
berbagai permasalahan nyata.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu yang terbentuk dari pengalaman belajar dalam
berinteraksi dengan lingkungan sosial dan alam
2.3
Berperilaku peduli, bersikap terbuka dan
toleransi terhadap berbagai
perbedaan di dalam masyarakat .
|
Sistem Persamaan
Linier dan Kuadrat Dua Variabel
|
Mengamati
Membaca dan
mencermati mengenai pengertian, metode penyelesaian SPLKDV, diskriminan, dan
penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai pengertian, metode penyelesaian SPLKDV,
diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian, metode penyelesaian SPLKDV, diskriminan, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Mengasosiasikan
· Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian, metode
penyelesaian SPLKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata.
· Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian, metode
penyelesaian SPLKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian, metode penyelesaian SPLKDV,
diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata dengan lisan, tulisan, dan
bagan.
|
Tugas
·
Membaca dan mencermati mengenai pengertian, metode penyelesaian SPLKDV,
diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata minimal dari
3 sumber belajar (buku atau artikel cetak atau elektronik).
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai pengertian, metode penyelesaian
SPLKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian, metode
penyelesaian SPLKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata.
|
6x3 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
||
3.3 Mendeskripsikan dan menerapkan konsep
sistem persamaan linier dan
kuadrat dua variabel
(SPLKDV) dan memilih metode yang efektif
untuk menentukan himpunan penyelesaiaanya
3.4 Menganalisis nilai diskriminan persamaan linier dan
kuadrat dua variabel
dan menerapkannya untuk menentukan himpunan penyelesaian sistem
persamaan yang
diberikan.
|
|||||||
4.3 Memecahkan dan
menyajikan hasil pemecahan masalah
nyata sebagai
terapan konsep dan aturan penyelesaian
sistem persamaan linier dan kuadrat dua variabel.
4.4 Mengolah dan menganalisis informasi dari
suatu permasalahan nyata
dengan memilih variabel
dan membuat model
matematika berupa sistem
persamaan linier dan
kuadrat dua variabel
dan mengiterpretasikan hasil penyelesaian sistem tersebut.
|
|||||||
2.1 Menunjukkan
sikap senang, percaya diri, motivasi internal, sikap kritis, bekerjasama, jujur dan
percaya diri serta responsif dalam menyelesaikan berbagai
permasalahan nyata.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu yang terbentuk dari
pengalaman belajar dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan
alam
2.3 Berperilaku peduli , bersikap terbuka dan
toleransi terhadap berbagai
perbedaan di dalam masyarakat .
|
Sistem Pertidaksamaan
Kuadrat Dua Variabel
|
Mengamati
Membaca dan
mencermati mengenai pengertian, metode penyelesaian, kurva SPtdKDV, dan penerapannya pada masalah
nyata dari
berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat
pertanyaan pengertian, metode penyelesaian, kurva SPtdKDV, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian, metode penyelesaian, kurva SPtdKDV,
dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengasosiasikan
· Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian, metode
penyelesaian, kurva SPtdKDV, dan
penerapannya pada masalah nyata.
· Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian, metode
penyelesaian, kurva SPtdKDV, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian, metode penyelesaian, kurva SPtdKDV, dan penerapannya pada masalah nyata
dengan lisan, tulisan, dan grafik/ diagram.
|
Tugas
Membaca dan
mencermati mengenai pengertian, metode penyelesaian, kurva SPtdKDV,
dan penerapannya pada masalah nyata minimal dari 3 sumber
belajar (buku atau artikel cetak atau elektronik).
Portofolio
Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian, metode
penyelesaian, kurva SPtdKDV, dan penerapannya pada masalah nyata.
|
6x3 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
||
3.5 Mendeskripsikan konsep sistem pertidaksamaan
kuadrat dua variabel
(SPtdKDV) dan menerapkannya untuk menentukan himpunan penyelesaiannya..
3.6 Menganalisis kurva pertidaksamaan
kuadrat dua variabel
pada sistem yang diberikan
dan mengarsir daerah
sebagai himpunan
penyelesaiaanya.
|
|||||||
4.5 Memecahkan masalah dengan membuat
model matematika berupa
sistem pertidaksamaan kuadrat
dua variabel serta
menyajikan
pemecahannya dengan berbagai
cara.
|
|||||||
2.1 Menunjukkan sikap senang, percaya diri,
motivasi internal,
sikap kritis, bekerjasama,
jujur dan percaya diri
serta responsif dalam
menyelesaikan
berbagai permasalahan nyata.
2.2
Memiliki rasa ingin tahu yang terbentuk dari
pengalaman belajar dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan
alam
2.3
Berperilaku peduli, bersikap terbuka
dan
toleransi terhadap berbagai
perbedaan di dalam masyarakat .
|
Pertidaksamaan
mutlak, pecahan, dan
irrasional
|
Mengamati
Membaca dan
mencermati mengenai pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai
mutlak, pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai
sumber belajar.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan
dan nilai mutlak, pertidaksamaan
pecahan, irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah
nyata.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai
mutlak, pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengasosiasikan
· Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian, metode penyelesaian
pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata.
· Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian, metode
penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah
nyata
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian, metode penyelesaian
pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
·
Membaca dan mencermati mengenai pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan
dan nilai mutlak, pertidaksamaan
pecahan, irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah
nyata minimal dari 3 sumber
belajar (buku atau artikel cetak atau elektronik).
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai pengertian, metode penyelesaian
pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah
nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman
dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian, metode
penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah
nyata.
|
6x3 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
||
3.7 Mendeskripsikan
dan menerapkan konsep pertidaksamaan
dan nilai mutlak
dalam menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan
pecahan, irrasional dan mutlak.
3.8 Mendeskripsikan dan menerapkan konsep
pertidaksamaan
pecahan, irasional, dan mutlak dalam menyelesaikan
masalah matematika.
3.9 Mendeskripsikan
dan menerapkan konsep
dan sifat-sifat pertidaksamaan
pecahan, irrasional dan mutlak
dengan melakukan manipulasi aljabar dalam
menyelesaikan
masalah
matematika.
3.10Menganalisis daerah
penyelesaian
pertidaksamaan
pecahan, irrasional dan mutlak.
|
|||||||
4.6 Memecahkan masalah pertidaksamaan
pecahan,irrasional dan mutlak dalam
penyelesaian masalah nyata.
|
|||||||
2.1 Menunjukkan sikap senang, percaya diri,
motivasi internal,
sikap kritis, bekerjasama,
jujur dan percaya diri
serta responsif dalam
menyelesaikan
berbagai permasalahan nyata.
2.2
Memiliki rasa ingin tahu yang terbentuk dari
pengalaman belajar dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan
alam
2.3
Berperilaku peduli , bersikap terbuka dan
toleransi terhadap berbagai
perbedaan di dalam masyarakat .
|
Geometri Bidang
Datar
|
Mengamati
Membaca dan
mencermati mengenai pengertian titik, garis,
sudut, bidang dan
sifat-sifat pada titik,garis, sudut,
dan bidang dalam geometri bidang datar, dan penerapannya pada masalah nyata dari
berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai pengertian titik, garis, sudut, bidang
dan sifat-sifat
pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang
datar, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian titik, garis,
sudut, bidang dan
sifat –sifat pada titik,garis, sudut,
dan bidang dalam geometri bidang datar, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Mengasosiasikan
· Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian titik, garis, sudut, bidang
dan sifat-sifat
pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang
datar, dan
penerapannya pada masalah nyata.
· Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan pengertian titik, garis, sudut, bidang
dan sifat-sifat
pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang
datar, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian titik, garis, sudut, bidang
dan sifat-sifat
pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang
datar, dan penerapannya pada masalah nyata dengan lisan,
tulisan, dan bagan.
|
Tugas
·
Membaca dan mencermati mengenai pengertian titik, garis, sudut, bidang
dan sifat-sifat
pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang
datar, dan penerapannya pada masalah nyata minimal dari
3 sumber belajar (buku atau artikel cetak atau elektronik).
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai pengertian titik, garis, sudut, bidang
dan sifat-sifat
pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang
datar, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian titik, garis, sudut, bidang
dan sifat –sifat pada titik,garis, sudut,
dan bidang dalam geometri bidang datar, dan penerapannya pada masalah nyata.
|
8 x 3 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
-
|
||
3.11Mendekripsikan
konsep dan aturan
pada bidang datar
serta menerapkannya dalam
pembuktian sifat-sifat
(simetris, sudut, dalil titik
tengah segitiga, dalil intersep,
dalil segmen garis,
dll) dalam geometri bidang.
|
|||||||
4.7 Menyajikan
data terkait objek nyata dan mengajukan
masalah serta mengidentifikasi sifat-sifat
(kesimetrian,
sudut, dalil titik tengah
segitiga, dalil intersep,
dalil segmen garis,
dll) geometri
bidang datar yang bermanfaat
dalam pemecahan
masalah nyata tersebut.
|
|||||||
2.1 Menunjukkan
sikap senang, percaya diri, motivasi internal, sikap kritis, bekerjasama, jujur dan
percaya diri serta responsif dalam menyelesaikan berbagai
permasalahan nyata.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu yang terbentuk dari
pengalaman belajar dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan
alam
2.3 Berperilaku peduli,
bersikap terbuka dan toleransi
terhadap berbagai
perbedaan di dalam masyarakat .
|
Persamaan Trigonometri
|
Mengamati
Membaca dan
mencermati mengenai pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan
identitas trigonometri, dan
penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan
identitas trigonometri, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan identitas trigonometri,
dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengasosiasikan
· Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian, teknik penyelesaian
persamaan dan identitas trigonometri,
dan penerapannya pada masalah nyata.
· Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan pengertian, teknik penyelesaian
persamaan dan identitas trigonometri,
dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan identitas trigonometri,
dan penerapannya pada masalah nyata dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
Membaca dan
mencermati mengenai pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan
identitas trigonometri, dan
penerapannya pada masalah nyata.minimal dari 3 sumber
belajar (buku atau artikel cetak atau elektronik).
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai pengertian, teknik penyelesaian
persamaan dan identitas trigonometri, dan penerapannya pada masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian, teknik
penyelesaian persamaan dan identitas
trigonometri, dan penerapannya pada masalah nyata.
|
6 x 3 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
||
3.12Mendeskripsikan konsep persamaan Trigonometri
dan menganalisis
untuk membuktikan sifat-sifat
persamaan Trigonometri
sederhana dan menerapkannya dalam
pemecahan masalah.
|
|||||||
4.8 Mengolah
dan menganalisis informasi dari suatu
permasalahan
nyata dengan membuat model berupa fungsi dan persamaan
Trigonometri
serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah.
4.9 Merencanakan dan melaksanakan strategi dengan
melakukan manipulasi aljabar dalam persamaan Trigonometri
untuk membuktikan kebenaran
identitas Trigonometri serta menerapkannya dalam
pemecahan masalah kontekstual.
|
Mengetahui
|
Bandar Lampung, Agustus 2014
|
|
Kepala SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung
|
Guru Mata Pelajaran Matematika,
|
|
Drs. H. Ma'arifuddin Mz., M.Pd.I.
|
Siska Oktarina, S.Pd
|
|
NIP.
19680317 200003 1 006
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar